Cara Investasi Saham bagi Pemula dan Keuntungannya [Plus Tips]

 


Cara investasi saham masih banyak yang belum paham 100 persen. Risiko tinggi saham, gak berarti selalu rugi. Pasalnya, potensi untungnya juga besar.

Masih banyak yang belum paham soal cara investasi saham yang baik. Padahal, investasi ini bisa sangat menguntungkan meski risikonya tinggi.

Cara investasi saham bagi pemula secara online

Jangan hanya taruh dana investasimu di satu portofolio saham. Untuk bisa memulai investasi saham, ada langkah-langkah yang harus kamu tempuh. Berikut ini langkah-langkah dalam cara investasi saham.

  • Pilih perusahaan sekuritas
  • Sertakan dokumen yang disyaratkan
  • Setor dana ke RDN
  • Unduh aplikasi untuk beli saham
  • Transaksi saham
  • Settlement

1. Pilih perusahaan sekuritas

Cara investasi saham dimulai dengan memilih perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN).

Rekening efek atau rekening saham digunakan untuk menyimpan saham yang kamu miliki. Sementara itu, RDN digunakan sebagai rekening untuk menyimpan uang yang ditransaksikan untuk jual beli saham.RDN dikelola bank dan sejauh ini ada 16 bank yang telah bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki kinerja baik. Tapi ingat, kamu harus perhatikan perusahaan sekuritas tersebut sudah diawasi oleh OJK atau belum. 

2. Sertakan dokumen yang disyaratkan

Langkah kedua dalam cara investasi saham adalah mempersiapkan dokumen. Agar rekening saham jadi, kamu harus menyertakan dokumen-dokumen yang disyaratkan. Apa saja?

  • KTP
  • NPWP
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Materai 6 ribu 

Berkas-berkas ini harus dikirimkan beserta formulir pendaftaran ke kantor perusahaan sekuritas. Setelah itu, permohonan RDN dan rekening efekmu akan diproses.

3. Setor dana ke RDN

Langkah ketiga dalam cara investasi saham adalah menyetor dana ke Rekening Dana Nasabah (RDN) yang memiliki Single Investor Identification (SID).

Setelah rekening jadi, kamu diharuskan untuk memasukkan dana. Dana itulah yang kemudian nanti kamu gunakan untuk membeli saham. 

4. Unduh aplikasi untuk beli saham

Langkah selanjutnya dalam cara investasi saham adalah unduh dan pasang aplikasi untuk beli saham di smartphone ataupun desktop.

Kamu bisa mengunduh aplikasi trading saham yang tersedia di Google Play Store atau Apple Store. Semua sekuritas pasti memiliki aplikasi ini yang memudahkan nasabahnya untuk membeli dan menjual saham. 



Komentar