Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Kalian Kuasai, Apa Saja?

 


Olahraga sepak takraw merupakan permainan bola kecil yang memadupadankan dua teknik olahraga populer, yaitu voli dan sepak bola. Istilah sepak takraw berasal dari kata "sepak" yang berarti menendang dan "takraw" yang memiliki arti bola rotan. Tujuan dari permainan sepak takraw adalah untuk menendang bola melewati net menggunakan kaki, kepala, atau dada.

Olahraga sepak takraw bisa dibilang menjadi salah permainan yang cukup berkembang di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, jika dibandingkan dengan permainan bola voli, badminton, dan sepak bola, memang masih kurang diminati. Namun, buat kalian yang tertarik mencoba bermain sepak takraw ada beberapa teknik dasar yang wajib kalian kuasai.

Berikut ini adalah 5 teknik dasar bermain sepak takraw buat pemula, apa saja? simak sampi habis!

1. Inside kick

Teknik dasar pertama dalam bermain sepak takraw adalah inside kick atau tendangan menggunakan kaki bagian dalam. Inside kick adalah teknik tendangan paling umum digunakan dalam sepak takraw yang berguna untuk mengontrol bola.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menerima bola servis dan mengumpan kepada killer (striker). Caranya adalah gunakan bagian dalam kaki untuk menyentuh bola, sementara kaki lainnya bertugas sebagai tumpuan

2. Ouside kick

5 Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Kalian Kuasai, Apa Saja?ilustrasi sepak takraw (instagram.com/gk_spo)

Teknik tendangan kaki bagian luar atau outside kick menjadi teknik berikutnya harus kalian kuasai saat bermain sepak takraw. Jenis tendangan ini biasa digunakan untuk mendorong bola ke atas dan menyerang pertahanan lawan.

Laju bola yang dihasilkan dari sepakan outside kick biasanya lebih cepat dan keras sehingga menjadi salah satu cara untuk mendulang poin terbaik. Caranya adalah gunakan satu kaki sebagai tupuan, sementara kaki yang lainnya menenkuk membentuk sudut 90 derajat sambil menendang bola pada kaki bagian luar.

3. Horse kick serve

5 Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Kalian Kuasai, Apa Saja?ilustrasi sepak takraw (sepaktakraw.co)

Horse kick serve merupakan tendangan tinggi saat posisi kaki berada di atas kepala dan bahu. Teknik ini terbilang cukup menantang dan sulit karena membutuhkan ketrampilan dan fleksibilitas tinggi dari seorang pemain.

Horse kick serve biasa digunakan untuk servis atau permulaan permainan yang cukup efektif untuk mendapatkan poin. Karena servis yang menggunakan horse kick serve memiliki laju bola yang cepat dan keras sehingga lawan susah untuk mengontrol bola.

4. Roll spike

5 Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Kalian Kuasai, Apa Saja?ilustrasi sepak takraw (sepaktakraw.co)

Roll spike adalah teknik menendang bola dengan menggunakan unsur akrobatik yang biasa digunakan untuk menyerang. Gerakan roll spike ini mirip dengan gerakan salto, yaitu menendang bola menggunakan bagian luar kaki dengan badan membelakangi atau menyamping dari net.

Menendang dengan teknik roll spike biasa dilakukan oleh striker atau orang yang berposisi di dekat net. Tendangan roll spike sangat efektif untuk mendapatkan poin ketika bermain sepak takraw. Namun, perlu diingat teknik ini sangatlah susah sehingga dibutuhkan latihan rutin agar melakukannya dengan baik.


Komentar